Senin, 03 Oktober 2011

Mantan Tukang Becak yang Ulet dan Tekun



Sosoknya begitu sederhana, penampilannya santai, kulitnya coklat tua dan rambutnya sudah beruban itulah Victory (74). Seorang kakek penjual batu akik di sepanjang jalan P. Senopati Yogyakarta yang mungkin sekilas tak akan tampak istimewa bagi anda, apalagi ditengah kilauan batu akik yang ia jual. Namun di balik kesederhanaannya itu, laki-laki kelahiran 1937 tersebut ternyata adalah seorang yang sangat ulet dan tekun.

Kakek Victory adalah seorang perantauan asal Madura. Sebelum berjualan batu akik, ia dulu bekerja sebagai tukang becak dan petani. Dua profesi itu ia tekuni sekaligus untuk menyambung hidup. “siang bertani, dan malam ngebecak. Yang penting bisa menyekolahkan anak” ujarnya diiringi senyum santai.

Ya, dari hasil jerih payahnya tersebut ia berhasil menyekolahkan anak-anaknya. Bahkan dua diantaranya saat ini berhasil menjadi perwira TNI dan salah satunya akan diberangkatkan bertugas ke Lebanon tahun depan. “orang-orang berfikir bagaimana bisa seorang tukang becak bisa sekolahkan anak sampai seperti ini. Tapi inilah kuasa Tuhan” ucap laki-laki yang bertempat tinggal di jalan Wijilan ini.

Saat ini Victory tidak lagi menarik becak seperti yang dulu ia lakukan . Anak-anaknya tidak lagi mengizinkan ayah tercinta bersusah payah sehingga membuatkannya usaha batu akik sebagai mata pencaharian. Sembilan belas tahun sudah kakek 10 cucu itu berjualan batu akik. Ia bersaing dengan sekitar 16 pedagang batu akik lain di sepanjang jalan P. Senopati. Namun keramahannya membuat ia tetap memiliki pelanggan setia dan tidak takut kehilangan pembeli.

Di hari tuanya ini, kakek Victory tinggal menikmati hidup hasil ketekunan dan keuletannya sewaktu muda. Seperti batu-batu perhiasan yang ia jual, sebelum bisa menjadi batu yang berharga, ia harus menempuh proses yang panjang dan sulit sampai akhirnya bisa menjadi cantik dan berkilauan. Mungkin seperti itulah perumpamaan yang cocok dengan kisah hidup kakek Victory.


http://sosok.kompasiana.com/2011/09/25/mantan-tukang-becak-yang-ulet-dan-tekun/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar